Friday, July 10, 2015

Misteri Goa Kiskendo

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo kurang lebih 38 kilometer ke arah barat dari kota Yogyakarta. Paling mudah di tempuh melalui Jalan Godean menuju barat ke arah Pegunungan Menoreh mengambil jalur yang menuju Purworejo. Posisi Goa berada di kiri / selatan jalan jalur Godean-Menoreh-Kaligesing-Purworejo. Area goa Kiskendo ini di jaga oleh beberapa orang dan ada juru kuncinya yang akan menemani masuk jika ada pengunjung.
 Goa kiskendo merupakan goa alam yang ada di kawasan Pegunungan Menoreh. Kedalamannya mencapai 1000meter dengan jalur yang bercabang, jalur yang mudah untuk di telusuri sepanjang 600meter dari mulut goa. Dari cerita yang ada konon goa kiskendo ini dilatar belakangi oleh legenda pertemouran Maheso Suro - Lembu Suro melawan Sugriwo-Subali yang ceritanya lengkap dan detail digambarkan di relief didekat mulut goa. Kondisi relief juga masih baik dan terjaga, tidak ada tanda-tanda vandalisme seperti corat-coret.

Goa Kiskendo juga dikenal sebagai tempat yang sakral untuk tempat ritual bertapa. Lokasi yang sering digunakan untuk bertapa di dalam goa kiskendo antara lain Pertapaan Kusuma, Pertapaan Ledhek, Pertapaan Santri Tani. 

Selain tempat pertapaan, kawasan Goa Kiskendo yang asri di sekitar goa juga dijadikan bumi perkemahan. Ada pula taman bermain anak lengkap dengan permainan seperti jungkat jungkit, seluncuran, dan panjat-panjatan. Kawasan ini juga sebenarnya cocok sebagai lokasi outbond training ataupun company gathering.

Bagi yang suka susur goa didekat goa kiskendo ada juga goa Sumitro yang terletak beberapa meter di bawah Kiskendo. Tinggal menghhubungi penjaga saja untuk memasukinya.

Bermainlah ke Goa Kiskendo dan nikmati keasrian dan suasana yang alami dan jangan lupa buanglah sampah pada tempat sampah.

No comments:

Post a Comment